Google

Facebook

Pengikut

BUKU TAMU

DINAMIKA MASYARAKAT DAN SOSIOLOGI KONFLIK

Revolusi industri di Eropa yang mengubah produksi tradisional menjadi model produksi modern menghasilkan produk secara masal telah ikut berperan dalam mengubah struktur sosial masyarakat Eropa di awal abad ke-19.

Kemunculan kelompok-kelompok pemilik modal yang menguasai sistem produksi telah menyebabkan ketertindasan kalangan yang tak memiliki modal kecuali tenaga. Latar belakang masyarakat inilah yang menjadi perkembangan analisis konflik dalam sosiologi di Eropa seperti konflik kelas Karlmarx.

Konteks dinamika masyarakat dan konflik inilah yang kemudian dianalisis oleh Ibnu Khaldun. Analisa tersebut melahirkan teori konflik kelompok dan hukum sosial konflik masyarakat. Masyarakat selalu mengalami perubahan sosial baik pada nilai dan strukturnya baik secara revolosione maupun evolosioner.

Perubahan-perubahan dipengaruhi oleh geraka-gerakan sosial dari individu dan kelompok sosial yang menjadi bagian dari masyarakat. Gerakan sosial dalam sejarah masyarakat dunia bisa muncul dalam bermacam bentuk kepentingan, seperti mengubah struktur hubungan sosial, mengubah pandangan hidup, dan kepentingan merebut peran politik (kekuasaan). Ilmu sosiologi, perubahan sosial dan dinamika gerakan sosial dari masa klasik sampai kontemporer. Bisa dikatakan, menurut Kornblurn, sosiologi menjadi bagian gerakan sosial itu sendiri karena seorang ilmuwan sosial dalam sejarahnya adalah reformer ( Kornblurn, 2003).


Materi_materi yang terkait :

1. Dinamika Masyarakat Dan Kebudayaan - download
2. Kekerasan Dan Konflik Masa Dalam Analisis Sosiologi - download
3. Konflik Sosial Dan Resolusi Konflik ... - download

0 komentar

Posting Komentar


Tentang Saya

JAM / <foo