Google

Facebook

Pengikut

BUKU TAMU

MODEL-MODEL PEMBANGUNAN - ROSTOW

Ini adalah teori linear pembangunan Rostow . Ekonomi dapat dibagi menjadi primer sekunder dan sektor tersier. Sejarah negara-negara maju menunjukkan pola umum perubahan struktural:

Tahap 1 : Tradisional Masyarakat

Dicirikan oleh aktivitas ekonomi subsisten yakni output dikonsumsi oleh produsen bukan diperdagangkan, tetapi dikonsumsi oleh mereka yang memproduksinya; perdagangan dengan barter di mana barang-barang yang dipertukarkan mereka 'bertukar'; Pertanian adalah yang paling penting dan produksi industri padat karya, menggunakan jumlah terbatas modal.

Tahap 2 : Tahap Transisi

Surplus perdagangan muncul didukung oleh infrastruktur transportasi yang muncul. Tabungan dan investasi tumbuh. Pengusaha muncul.

Tahap 3 : Take Off

Industrialisasi meningkat, dengan pengalihan pekerja membentuk tanah untuk manufaktur. Pertumbuhan terkonsentrasi di beberapa daerah di negara dan dalam satu atau dua industri. Baru politik dan lembaga-lembaga sosial yang berevolusi untuk mendukung industrialisasi.

Tahap 4 : Drive untuk Kedewasaan
Pertumbuhan sekarang beragam didukung oleh inovasi teknologi.

Tahap 5 : Massa Konsumsi Tinggi
Implikasi dari teori Rostow

Pembangunan memerlukan investasi yang besar dalam peralatan modal; untuk mendorong pertumbuhan di negara-negara berkembang kondisi yang tepat untuk investasi tersebut harus dibuat yaitu kebutuhan ekonomi telah mencapai tahap 2.

Untuk Rostow
o Tabungan dan pembentukan modal (akumulasi) adalah pusat untuk proses pertumbuhan pembangunan maka

o Kunci pembangunan adalah untuk memobilisasi tabungan untuk menghasilkan investasi untuk mengatur diri di kereta api menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

o Pembangunan dapat kios di tahap 3 untuk kurangnya tabungan - 15-20% dari PDB diperlukan. If S = 5% then aid/loan = 10-15% plugs 'savings gap'. Jika S = 5% maka bantuan / pinjaman = 10-15% plugs 'kesenjangan tabungan'. Resultan investasi berarti pindah ke tahap 4 Drive ke Kedewasaan dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi diri.

Keterbatasan Model Rostow
Determinan suatu negara tahap pembangunan ekonomi biasanya dilihat dalam pengertian yang lebih luas yaitu tergantung pada:

o kualitas dan kuantitas sumber daya

o suatu negara teknologi

o sebuah struktur kelembagaan negara hukum misalnya kontrak

Rostow menjelaskan pengalaman perkembangan negara-negara Barat, baik. However. Namun, Rostow tidak menjelaskan pengalaman negara-negara dengan berbagai budaya dan tradisi negara-negara Sub-Sahara misalnya yang telah mengalami perkembangan ekonomi kecil.

1 Responses to MODEL-MODEL PEMBANGUNAN - ROSTOW

  1. nurussadad Says:
  2. lengkap sekali Bu, terimakasih.

     

Poskan Komentar

Tentang Saya