Google

Facebook

Pengikut

BUKU TAMU

PENGANTAR ANTROPOLOGI

Antropologi adalah Ilmu Pengetahuan Sosial , beberapa antropolog berpendapat bahwa antropologi muncul sebagai suatu cabang keilmuan yang jelas batasannya pada sekitar pertengahan abad ke-19 tatkala perhatian orang pada evolosi manusia berkembang. Antropologi sebagai disiplin akademik baru dimulai tidak lama setelah itu, ketika pengangkatan pertama antropolog profresional di universitas, museum, dan kantor-kantor pemerintahan (Garbarino, 1984:Kuncaraningrat,1991).

Setiap antropolog dan ahli sejarah memiliki alasan sendiri-sendiri untuk menentukan kapan antropologi dimulai. Dari sudut pandang "sejarah gagasan", tulisan-tulisan silsus, dan pejiarah Yunani, sejarawan Arab kuno, peziarah Eropa kuno, maupun masa renaisance, dan silsus, ahli hukum, ilmuwan berbagai bidang dari Eropa, semuanya bisa dianggap pendorong bagi dibangunnya tradisi antropologi (Kuncaraningrat,1991).

Antropologi pada abad ke-19, terlebih abad ke-20 berkembang dalam arah yang sistemamtik dan menggunakan peralatan metodologi ilmiah.

Materi selengkapnya dalam bentuk Powerpoint dapat di donwload disini

0 komentar

Posting Komentar


Tentang Saya

JAM / <foo